Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

4 sehat 5 sempurnaMakanan empat sehat lima sempurna adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari agar tubuh menjadi sehat. Istilah 4 sehat 5 sempurna diperkenalkan oleh Prof. Poerwo Soedarmo, yang dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia, pada tahun 1950. Menu 4 sehat 5 sempurna mengacu pada menu “basic four” di Amerika, yang diciptakan tahun 1940-an. Komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari:

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #1: Makanan Pokok

Syarat utama makanan pokok adalah mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh untuk malakukan aktivitas sehari-hari. Contoh makanan pokok yang dapat dikonsumsi sehari-hari misalnya nasi, kentang, gandum, jagung, serta umbi-umbian.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #2: Lauk-Pauk

Selain untuk menambah cita rasa makanan, fungsi utama lauk pauk adalah untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Zat pembangun tubuh adalah protein. Zat ini yang membuat tubuh kita semakin besar. Selain itu, protein juga berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Misalnya ada bagian tubuh kita yang terluka (selnya rusak), maka zat yang berperan utama dalam perbaikan sel tersebut adalah protein. Contoh lauk pauk kaya protein yang bisa dikonsumsi sehari-hari antara lain tempe, tahu, telur, daging, dan ikan.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #3: Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh. Zat pengatur tubuh adalah vitamin, mineral, dan air. Sayuran yang banyak mengandung zat-zat tersebut adalah sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, dan kacang panjang. Contoh mineral misalnya zat besi, yang berguna untuk membentuk sel-sel darah merah dan mencegah penyakit anemia. Zat besi banyak terkandung pada bayam. Selain itu, sayuran juga mengandung serat untuk melancarkan buang air besar dan air untuk melarutkan zat makanan, mengatur suhu tubuh, dan juga membantu melancarkan pencernaan.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #4: Buah-buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Buah-buahan banyak mengandung serat, vitamin, mineral, dan air. Contoh buah-buahan yang dapat dikonsumsi setiap hari misalnya apel, pepaya, dan jeruk. Pada jeruk misalnya, banyak dikandung vitamin C, yang berguna untuk mencegah sariawan, bibir berdarah, dan gusi pecah-pecah.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #5: Susu

Susu adalah makanan pelengkap, tidak wajib ada, namun juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Susu yang banyak dikonsumsi adalah susu sapi. Susu sapi mengandung banyak zat bermanfaat, diantaranya vitamin dan kalsium. Kalsium berguna untuk mencegah osteoporosis (tulang keropos), melancarkan peredaran darah, dll.

Jika mampu memenuhi kelima jenis makanan di atas, alangkah baiknya kita mengkonsumsinya setiap hari. Jika tidak, usahakan 4 komponen: makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan selalu terpenuhi. Tidak harus mahal, yang penting higienis. Makanan murah seperti nasi, tahu-tempe, sayur sawi, dan buah pepaya juga sudah cukup.

Sehat mulai dari diri sendiri. Mulai saat ini.

Salam sehat!

Photo credit: Kompas Health

Leave a Reply